wilujeng sumping ...!!!!!
selama raga masih menyatu dengan jiwa , selama itu pula kewajiban untuk mencari ilmu itu ada . semoga apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk semuanya .

Senin, 30 April 2012

yang mulia dan yang utama , itulah memaafkan





Dalam menjalani hidup tentu kita pernah mengalami disakiti , entah itu disakiti secara lahir maupun batin , entah difitnah ataupun dianiaya secara fisik , terlepas dari benar atau tidaknya posisi kita saat itu , yang pasti namanya disakiti ya pasti gak enak , betul betul betul  ? ( pastinya ) . :D

Jika sakit yang dialami sudah “kronis” , kadang butuh waktu lama untuk mengembalikan keadaan seperti sedia kala , seperti ketika semuanya belum terjadi . memaafkan suatu kata yang memang mudah tuk diucapkan tapi ( menurutku ) sungguh sulit untuk dilaksanakan , setelah apa yang terjadi pada diriku dulu , yang membawaku pada malam tanpa siang , yang tak berujung , yang menyiksaku sepanjang waktu . 

Tapi syukur ku panjatkan pada Alloh yang telah memberiku pencerahan , setelah sekian lama aku berada di malam panjang itu akhirnya siang pun datang ,matahari terbit dengan sinarnya yang ramah , menawan dan lembut , yang menembus dinding hati sanubari ( wah lebay )
Saat aku sadar , bahwa hatiku dulu sangat egois , tak mudah memaafkan ( mungkin inilah kelemahanku ) , yang kini kusadar apapun alasannya , yang namanya menyimpan dendam tidak baik adanya , jujur dulu sempat terbersit dalam pikiranku untuk membalas semua kata dan laku dia yang benar-benar menyakitkanku , tapi waktu telah mengubahnya , aku sadar meskipun aku berhak membalas apa yang telah dia lakukan terhadapku ( apalagi aku tau waktu itu aku ada di posisi yang benar ) tapi  memaafkan jauh lebih mulia dan jauh lebih utama ,  memang hati ini sulit menerima , tapi aku yakin semua ada hikmahnya , yang ku yakin Allah sedang menuntunku ke jalan dimana aku bisa lebih dewasa , bisa lebih menerima dan bisa lebih dekat dengan-Nya , begitu gumamku dalam hati .
 
Sebait firman Allah yang tentu mengandung berbagai pelajaran teruntuk kita semua , dalam surat asy-syura allah berfirman :

39. dan (bagi) orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan dzalim, mereka   membela diri

40. dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa , maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik , maka pahalanya atas ( tangguhan ) Allah . sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang berbuat dzalim

41. dan sesungguhnya orang-orang yang membela diri sesudah teraniaya , tidak ada suatu dosa pun atas mereka 

42. sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat dzalimkepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak . Mereka itu mendapat azab yang pedih

43. tetapi orang-orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya ( perbuatan ) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan .

Sahabat  !!!! yakinlah , bahwa memaafkan itu lebih baik dari pada mendendam , dan tentu Allah lebih menyukai hal itu ( bersabar dan memaafkan ). bahwa dengan memaafkan jiwa kita akan bebas , lepas , seakan semua beban yang menghimpit itu hilang tanpa bekas , rasakan bahwa hidup memang punya alurnya sendiri , kadang kita ( dianggap ) menyakiti walaupun kita tak bermaksud seperti itu , dan kadang pula kita yang tersakiti , dan tugas kita hanyalah mengambil pelajaran dari semuanya , memaafkan itu indah , memaafkan itu lebih mulia, memaafkan itu lebih utama dan memaafkan itu menyehatkan tentunya . ayo kita belajar memaafkan . kerana Allah .








Tidak ada komentar:

Posting Komentar